Sabtu, 03 Januari 2009

Doa Bersama Lintas Agama

Bukti Kerukunan dan Kebersamaan antar umat beragama

Oleh: chanda

1 januari 2009 suasana sangat ramai, bayak kendaraan lalu lalang, maklum tahun baru dan memang juga di dukung oleh cuaca yang cerah. Namun ketika lewat tengah hari tiba-tiba mendung datang bergelayutan dan selang beberapa waktu kemudian hujanpun turun dengan derasnya. Walaupun hujan sangat deras namun tidak menghalangi ibu-ibu dari berbagai unsur agama di desa kami untuk berkumpul yaitu:

Wandani ( wanita theravada indonesia ) dari unsur umat Buddha
Wanita Kristen dari GPDI ( Gereja Pantekosta di Indonesia )
Wanita Katolik (WK) dari Gereja St. Maria
Kaum Muslimah dari Jama’ah Masjid Al-Fath

Dari empat unsur ini berkumpul di suatu tempat yang jauh dari keramaian yaitu di Gubug hening Pangudi Luhur, untuk melaksanakan doa bersama menyambut tahun baru 2009.
Doa bersama dari berbagai agama ini pada awalnya di cetuskan oleh seorang suster yaitu
" Ibunda Theresa Maria Sukarminati " 10 tahun yang lalu. Beliau ingin melihat kebersamaan di dalam perbedaan, karena perbedaan itu indah.

Pada awalnya memang sulit untuk mempertemukan mereka dari berbagai unsur ini, tetapi bersamaan dengan perjalanan waktu dan kesadaran dari mereka akhirnya tahun demi tahun hal itu bisa terwujud, hari ini 1 januari 2009 adalah doa bersama yang ke 10 kalinya. Di gubug hening ini jaga beliau memprakarsai berbagai kegiatan yang bersifat Sosial antara lain:

  • Belajar les tambahan bagi anak-anak usia sekolah, tanpa di pungut biaya bahkan buku-buku pelajaran dan alat-alat tulis telah disediakan dan juga di perbantukan kepada mereka yang bersedia belajar bersama.
  • Membantu fakir miskin
  • Membantu anak cacat
  • dll

Doa berlangsung cukup hikmat walaupun di sertai dengan derasnya hujan, satu demi satu dari kelompok masing-masing melantunkan doa sesuai dengan kepercayaannya. Dan tak kalah sendunya dari masing-masing kelompok juga melatunkan lagu-lagu pujian yang benuansa cinta kasih serta berargumentasi menyambut tahun baru ini.


Ternyata agama yang berbeda itu juga indah tatkala para umat penganutnya dapat duduk satu meja dan membicarakan tentang kebaikan, kerukunan dan cinta kasih.


Semoga kerukunan dan kebersamaan ini dapat bertahan hingga akhir jaman.

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi semua orang untuk dapat mewujudkan kerukunan antar umat beragama di daerah masing-masing.


Sekilas Gambar

Ada versi video dari kegiatan ini jika ingin melihat sekilas silahkan download videonya

Download Video

Tidak ada komentar:

Posting Komentar